Facebook

Selasa, 14 Februari 2012

Problematika Pendidikan Anak Usia Dini

Problematika Pendidikan Anak Usia Dini

Hal-hal yang menjadi permasalahan pada PAUD adalah:

a. Kurangnya pemahaman masyarakat
Dalam hal ini masyarakat belum benar-benar memahami tentang keberadaan PAUD. Sebagian masyarakat memahaminya sebagai sebuah lembaga pengganti Taman kanak-kanak, sebagian memahami sebagai syarat untuk masuk Tamankanak-kanak, sebagian lagi sudah sampai pada taraf pemahaman PAUD yang sebenarnya. Keadaan yang demikian membuat partisipasi masyarakat masih relatif rendah terhadap lembaga PAUD.

b. Masih terbatasnya anggaran.
Hal ini berkenaan dengan operasioanl lembaga PAUD. Karena masih tergolong baru maka dana pemerintah sifatnya juga masih relatif terbatas. Selain itu rendahnya partisipasi masyarakat terhadap lembaga PAUD juga menjadi salah satu penyebab minimnya anggaran tersebut.


c. Belum tersedianya tenaga ahli PAUD pada tiap-tiap daerah
Dikarenakan PAUD merupakan barang baru maka aspek-aspek yang ada didalamnyapun juga kurang tersedia. Secara logika jurusan PAUD baru dibuka setelah lembaga PAUD disahkan oleh pemerintah. Paling cepat adalah 1 tahun pasca penetapan untuk menerima lulusan yang berasal dari prodi PAUD itupun masih dalam taraf diploma dan paling lama adalah 3,5 – 4 tahun untuk menjaring kompetensi lulusan s1-nya.


d. Belum tersedianya tenaga pendidik PAUD
Sebagaimana tenaga ahli tentang pengelolaa PAUD. Untuk tenaga pendidik PAUD juga memiliki permasalahan yang sama. Yaitu masih sedkit yang memiliki kompetensi yang diminta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar