Facebook

Rabu, 29 Oktober 2014

Konsep Pola Asuh Orang Tua Menurut Ahli

  • Konsep Pola Asuh Orang Tua 
Banyak ahli psikologi dan sosiologi yang merumuskan pengertian dari pola asuh orang tua menurut cara pandang mereka masing-masing. Adapun definisi pola asuh orang tua menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut “Pola asuh adalah gambaran yang dipakai oleh orang tua untuk mengasuh (merawat, menjaga, atau mendidik) anak.” (Singgih D. Gunarsa, 1991:108-109) 
 “Pola asuh orang tua adalah suatau cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak.” (Chabib Thoha, 1996:109) 
 “Pola asuh orang tua merupakan perlakuan orang tua dalam interaksi yang meliputi orang tua menunjukkan kekuasaan dan cara orang tua memperhatikan kenginginan anak. Kekuasaan atau cara yang digunakan orang tua cenderung mengarah pada pola asuh yang diterapkan.” (Singgih D. Gunarso, 2000:55)

 Orang tua (yaitu ayah dan ibu) merupakan orang yang bertanggung jawab kepada seluruh anggota keluarga. Orang tua juga menetukan kemana keluarga akan dibawa dan apa yang harus diberikan sebelum anak-anak dapat bertanggung jawab pada dirinya sendiri, saat anak masih bergantung dan sangat memerlukan bekal dari orang tuanya sehingga orang tua harus memberi bekal yang layak kepada anaknya tersebut. Keluarga merupakan tempat untuk pertama kalinya seorang anak memperoleh pendidikan dan mengenal nilai-nilai maupun aturan-aturan yang harus diikutinya yang mendasari anak untuk melakukan hubungan sosial dengan lingkungan yang lebih luas. Namun dengan adanya perbedaan latar belakang, pengalaman, pendidikan, dan kepentingan dari orang tua maka terjadilah cara mendidik anak. “Pola asuh adalah gambaran yang dipakai oleh orang tua untuk mengasuh (merawat, menjaga atau mendidik) anak”. (Singgih:2003). Sementara menurut Chabib Thoha, yang mengemukakan bahwa pola asuh orang tua adalah suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua adalah cara atau metode yang ditempuh orang tua dalam mengasuh dan menerapkan kemandirian kepada anaknya dengan tujuan membentuk watak, kepribadian, dan memberikan nilai-nilai bagi anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dalam memberikan aturan-aturan atau nilai terhadap anak-anaknya setiap orang tua akan memberikan bentuk pola asuh yang berbeda berdasarkan latar belakang pengasuhan orang tua sendiri sehingga akan menghasilkan bermacam-macam pola asuh yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar