Facebook

Jumat, 24 Februari 2012

Progresivisme dalam ranah pendidikan anak usia dini

Progresivisme dalam ranah pendidikan itu dimulai dari anak didik itu sendiri yang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Jadi seorang anak didik tidak harus di suruh membaca dan mengimani buku terus-menerus. Aliran filsafat pendidikan progresivisme dapat diuraikan menjadi beberapa pokok yaitu:
• Menolak praktek pendidikan tradisional yang terlalu dianggap mementingkan disiplin, pasif dan bertele-tele.
• Perubahan merupakan inti dari kenyataan
• Pendidikan merupakan proses perubahan
• Metode atau kebijakan senantiasa berubah sesuai dengan perubahan lingkungan.
• Mutu terletak pada adanya kemampuan untuk merekonstruksi pengalaman terus-menerus bukan pada standart kebaikan, kebenaran dan keindahan pribadi
• Belajar disangkutpautkan dengan minat subjek didik

Metode mengajar dengan dasar filsafat pendidikan progresivisme antara lain adalah:
• Memberikan latihan soal berupa teka-teki kepada anak didik
• Membuat kelompok atau group belajar, dengan mengelompokkan minat masing-masing anak pada suatu topik
• Membicarakan topik yang hangat yang sedang beredar di masyarakat secara bersama-sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar