Progresivisme dalam ranah pendidikan itu dimulai dari anak didik itu sendiri yang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Jadi seorang anak didik tidak harus di suruh membaca dan mengimani buku terus-menerus. Aliran filsafat pendidikan progresivisme dapat diuraikan menjadi beberapa pokok yaitu:
• Menolak praktek pendidikan tradisional yang terlalu dianggap mementingkan disiplin, pasif dan bertele-tele.
• Perubahan merupakan inti dari kenyataan
• Pendidikan merupakan proses perubahan
• Metode atau kebijakan senantiasa berubah sesuai dengan perubahan lingkungan.
• Mutu terletak pada adanya kemampuan untuk merekonstruksi pengalaman terus-menerus bukan pada standart kebaikan, kebenaran dan keindahan pribadi
• Belajar disangkutpautkan dengan minat subjek didik
Metode mengajar dengan dasar filsafat pendidikan progresivisme antara lain adalah:
• Memberikan latihan soal berupa teka-teki kepada anak didik
• Membuat kelompok atau group belajar, dengan mengelompokkan minat masing-masing anak pada suatu topik
• Membicarakan topik yang hangat yang sedang beredar di masyarakat secara bersama-sama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar